Selasa, 09 April 2013

REMAJA MASJID




Banyak yang bertanya-tanya pa itu remaja masjid ?, apa kegiatan mereka?. Apa fungsi mereka?. Apakah Cuma main-main di masjid nongkrong-nongkrong?.
Sedikit yang saya tahu tentang remaja masjid. Remaja masjid adalah sekelompok remaja muslim yang yang mengabdikan dirinya untuk masjid mereka dan ikut aktif dalam keorganisasian Islam.
Adapun kegiatan mereka membuat program bagaimana memajukan masyarakat sekitar terutama masyarakat sekitar masjid dan memakmurkan masjid tersebut. Selain membuat program atau ifen-ifen tertentu remaja masjid juga membantu anak-anak untuk belajar membaca dan memahami Al-Qur’an atau kita sering sebut ngajar TPA.
Fungsi mereka adalah memajukan masjid tersebut dan mengembangkan serta memajukan Islam di desa tersebut. Mereka pun juga mempunyai jiwa gaul seperti organisasi tersebut mereka beri nama dengan kata-kata atau singkatan gaul contohnya MHL (Mosque Heaven Light)yang artinya adalah masjid cahaya surga karena masjid mereka bernama NUR JANNAH yang artinya cahaya surga,adapun yang meberi nama organisasi mereka ARMADA (Angkatan Remaja Masjid Al-Huda) dan masih banyak lagi nama tersebut bukanlah untuk gengsi atau bersaing antar remaja masjid namun untuk memberi nama atau membedakan antar remaja masjid atau antar organisai mereka.


Mereka ke masjid tidak hanya nongkron namun juga mengajar adik-adik TPA ataupun berdiskusi untuk program-program masjid.
Sedikit pengalaman saya. Saya juga remaja masjid yang paling menjadi kendala kita untuk menjalankan program kita adalah kurang persetujuan dari orang-orang tua disekitar dan selain itu juga kurangnya dana untuk menjalankan program-program kita, karena kita juga masih pelajar belum bisa menghasilkan uang. Namun dengan berbagai rintangan apapun kita tetap semangat untuk memajukan masjid,berjalan dijalan Allah yaitu dijalan Islam.

Itu tadi sedikit pengetahuan dari saya mungkin banyak yang menganggap bahwa tulisan ini ngak mutu,namun tak apa niat penulis hanya untuk berbagi ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar